Tips Pengalaman Belanja Online yang Aman

Tips Pengalaman Belanja Online yang Aman

Tips Pengalaman Belanja Online yang Aman – Belanja online itu nyaman, karena Anda dapat berbelanja di sekitar, menemukan harga terbaik, dan mengirimkan paket Anda langsung ke depan pintu Anda tanpa harus meninggalkan kenyamanan rumah Anda sendiri. Tetapi mendapatkan banyak uang secara online melibatkan lebih dari sekadar mendapatkan harga terendah. Anda ingin memastikan bahwa produk tiba tepat waktu, kualitas tersebut sesuai dengan yang Anda harapkan, bahwa item tersebut menyertakan garansi yang sesuai, dan bahwa ada cara bagi Anda untuk mengembalikan produk atau mendapatkan dukungan untuk pertanyaan atau masalah yang Anda miliki. Terapkan tips berikut untuk meningkatkan keamanan pengalaman berbelanja Anda.

Cara Belanja Online dengan Aman

1. Selalu memesan dari koneksi yang aman
Jika komputer Anda tidak dilindungi dari perangkat lunak yang berpotensi berbahaya, informasi keuangan dan sandi Anda berisiko dicuri (dan semua hal lain yang Anda simpan di komputer atau lakukan secara online). Konsep ini sangat mendasar, namun hanya sebagian kecil dari populasi AS yang cukup melindungi komputer mereka. Gunakan koneksi yang aman – pastikan firewall komputer Anda aktif.

Jika Anda berbelanja online sambil menggunakan jaringan nirkabel, itu perlu dienkripsi sehingga seseorang yang bersembunyi di luar rumah tidak dapat mengumpulkan informasi Anda. Hindari melakukan transaksi keuangan apa pun saat menggunakan jaringan publik, karena Anda mungkin tidak tahu apakah jaringan tersebut telah disusupi.

2. Kenali pedagang dan reputasinya
Jika Anda sudah mengetahui toko tersebut, berbelanja di toko online mereka sangatlah aman. Anda selalu dapat masuk ke toko lokal untuk meminta bantuan jika ada masalah, dan jika Anda mengenal orang lain yang secara konsisten memiliki pengalaman positif dengan toko online, Anda dapat diyakinkan tentang kualitas situs.

Jika Anda tidak tahu toko tersebut, mungkin masih ada pilihan terbaik; Anda hanya perlu melakukan beberapa tindakan pencegahan lagi. Lakukan pemeriksaan latar belakang Anda sendiri dengan melihat situs yang didedikasikan untuk meninjau toko elektronik. Jika toko belum ditinjau atau tidak memiliki ulasan yang mendukung, jangan memesan dari situsnya.

3. Hindari tawaran yang tampak “terlalu bagus untuk menjadi kenyataan”
Setiap toko elektronik yang menjanjikan terlalu banyak dengan harga yang terlalu rendah mencurigakan. Jika harga terlalu rendah, pertimbangkan apakah pedagang tersebut datang dengan barang secara legal, jika Anda pernah menerima barang yang Anda bayar, apakah barang itu benar-benar merek yang ditampilkan atau pengganti yang murah, jika barang itu akan berfungsi, jika Anda mau dapat mengembalikan barang yang rusak – atau jika pedagang memperoleh penghasilan tambahan dengan menjual informasi keuangan Anda. Toko online yang tidak bereputasi baik – seperti toko fisiknya, mungkin menjalankan penawaran harga yang sangat rendah dan kemudian mengklaim item tersebut sudah habis, untuk mencoba menjual sesuatu yang lain kepada Anda dalam penipuan klasik “umpan dan ganti”.

4. Jika Anda membeli Gift Card, bacalah Syarat dan Ketentuan
Jika kartu hadiah itu untuk orang lain, pastikan toko tersebut sah, bahwa orang tersebut menggunakan toko tersebut, dan tidak ada rintangan yang harus mereka lewati.

5. Jangan menggunakan e-store yang membutuhkan lebih banyak informasi daripada yang diperlukan untuk melakukan penjualan.
Berharap untuk memberikan beberapa metode pembayaran, alamat pengiriman, nomor telepon, dan alamat email, tetapi jika pedagang meminta informasi lain, tinggalkan. Anda tentu tidak ingin memberikan informasi rekening bank, informasi jaminan sosial, atau nomor SIM Anda kepada mereka. Beberapa perusahaan mengajukan pertanyaan tentang minat Anda, tetapi ini harus selalu bersifat opsional dan Anda harus berhati-hati dalam memberikan informasi. Apakah pedagang menjual kembali, menyewakan, atau membagikan informasi Anda? Periksa kebijakan privasi situs untuk memahami seberapa terbuka informasi Anda. Banyak toko dengan jelas menyatakan bahwa mereka tidak membagikan, menjual, atau menyewakan informasi konsumen – yang lain mengatakan bahwa mereka memiliki info Anda dan dapat menggunakannya (atau menyalahgunakannya) sesuka mereka. Tetap berpegang pada perusahaan yang menghormati privasi Anda.

6. Perlu membuat kata sandi untuk situs? – buat itu unik.
Anda akan sering diminta untuk membuat akun dengan kata sandi saat melakukan pembelian. Biasanya, Anda dapat memilih untuk tidak melakukan ini, dan kecuali Anda akan sering menggunakan e-store, jangan membuat akun. Jika Anda memang menginginkan akun, pastikan untuk menggunakan kata sandi yang unik dan kuat.

7. Apakah situs tersebut aman?
Sebelum memasukkan informasi pribadi atau kartu kredit apa pun ke situs belanja, lihat apakah alamat web pada halaman tersebut diawali dengan “https:”, bukan “http:” Yang memberi tahu Anda bahwa situs web aman dan dienkripsi untuk melindungi informasi.

8. Gunakan Kartu Kredit atau PayPal
Jangan gunakan kartu debit atau cek karena tidak memiliki perlindungan keamanan yang sama untuk Anda jika muncul masalah.

Pembelian dengan kartu kredit membatasi kewajiban Anda tidak lebih dari $ 50 dari biaya tidak sah jika informasi keuangan Anda dicuri, dan uang di rekening bank Anda tidak tersentuh. Sebagian besar kartu debit tidak menawarkan perlindungan ini – dan meskipun demikian, Anda yang kehilangan dana untuk sementara.

Pertimbangkan untuk menunjuk satu kartu kredit yang hanya untuk belanja dan transaksi online. Dengan cara ini, jika kartu disusupi, Anda dapat dengan cepat menutupnya tanpa memengaruhi jenis transaksi lainnya.

9. Selalu periksa persyaratan pengiriman perusahaan.
Beberapa pedagang mengenakan biaya pengiriman yang sangat tinggi yang dapat mengubah tawar-menawar belanja menjadi kesalahan yang mahal. Lihat apakah mereka menyediakan pelacakan dan asuransi. Pahami operator apa yang mereka gunakan, dan sangat berhati-hatilah jika item tidak akan dikirim dalam 10 hari.

10. Gunakan program keamanan internet yang andal.
Cara terbaik untuk tetap aman saat online masih dengan menggunakan produk keamanan internet yang efektif. Belanja tidak terkecuali. Sebaliknya, dengan meningkatnya volume barang dan data yang dipertukarkan secara online, fitur keamanan seperti anti-phishing dan perlindungan pencurian identitas menjadi lebih penting dari sebelumnya.

Biarkan belanja online dimulai.

Tips Pengalaman Belanja Online yang Aman

Paul Taka

Paul Taka