Cemas Karena Nyeri Ulu Hati? Segera Konsultasi dengan Ahlinya di SehatQ.com

Cemas Karena Nyeri Ulu Hati? Segera Konsultasi dengan Ahlinya di SehatQ.com

Cemas karena nyeri ulu hati? Segera konsultasi dengan ahlinya di SehatQ.com. Nyeri pada ulu hati bisa terjadi pada siapa saja. Baik muda mau pun usia lanjut, perempuan juga laki-laki. Pada keluhan yang masih wajar, mungkin nyeri pada ulu hati tidak mengganggu aktivitas. Namun, jika sudah berkelanjutan, bisa saja kegiatan sehari-hari akan terhambat.

Sebagian orang mungkin akan menganggap remeh gejala ini. Padahal, nyeri pada ulu hati bisa saja gejala awal dari penyakit yang lebih serius. Untuk pertolongan pertama, Anda bisa bergabung dalam Forum Tanya Jawab di SehatQ.com. Di situ Anda bisa bertanya pada dokter ahli tentang gejala nyeri pada ulu hati.

Nah, berikut beberapa penyakit yang ditandai dengan gejala nyeri ulu hati. Simak ulasannya, ya!

Batu Empedu

Pada umumnya, penderita penyakit batu empedu tidak menunjukkan gejala yang berarti. Namun, pada kondisi yang sudah cukup berkelanjutan, maka penderitanya akan merasakan nyeri di perut sebelah kanan atas. Nyeri inilah yang kemudian menjalar ke ulu hati.

Penyakit batu empedu sendiri merupakan penyakit yang cukup serius. Yang mana, adanya batu dalam kantung atau saluran empedu yang menghambat kinerja organ tersebut. Keluhan lain yang biasa dirasakan selain nyeri ulu hati  adalah sering kembung. Juga adanya rasa tidak nyaman di perut setelah makan makanan berlemak.

Jantung Koroner

Jantung koroner merupakan penyakit yang bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani. Penderita jantung koroner biasanya akan merasakan nyeri di dada sebelah kiri. Namun, tidak jarang penderita yang juga merasakan nyeri sampai area ulu hati.

Hal tersebut disebabkan karena adanya sumbatan pembuluh darah di bawah jantung. Ini akan mengakibatkan sensasi nyeri dari dada menjalar sampai ke ulu hati. Akibatnya, nyeri ulu hati pun tidak terhindarkan.

Gastritis

Gastritis merupakan penyakit umum yang bisa menyerang siapa saja. Penyakit ini lebih populer disebut dengan penyakit magh. Penderita magh biasanya akan merasakan gejala mual, kembung, juga nyeri pada ulu hati. Keluhan ini akan terjadi bila penderita magh dalam kondisi perut kosong sehingga menyebabkan naiknya asam lambung.

Nyeri ulu hati pada penderita magh kronis bisa sangat hebat sehingga mengganggu aktivitas. Karena itu, penderita magh sebaiknya tidak makan makanan yang memicu naiknya asam lambung. Seperti makanan pedas atau pun asam, juga kopi dan alkohol.

GERD

GERD atau gastroesophageal reflux disease adalah keadaan di mana asam lambung yang berlebih naik ke kerongkongan. Hal tersebut dapat terjadi karena klep di antara kerongkongan dan lambung tidak berfungsi dengan semestinya.

Gejala yang dirasakan penderita hampir sama dengan penderita magh. Seperti nyeri ulu hati, perut terasa panas, dada seperti terbakar, juga mulut yang terasa pahit atau asam. Penderita GERD juga dilarang keras mengonsumsi alkohol jika tidak mau keadaannya semakin memburuk.

Itulah beberapa penyakit yang ditandai dengan gejala nyeri pada ulu hati. Sebenarnya masih banyak penyakit lain dengan gejala tersebut. Seperti perlemakan hati yang disebabkan karena diabetes, juga kolesterol tinggi. Ibu hamil juga bisa mengalami nyeri pada ulu hati karena sebab tertentu.

Jika Anda menemukan gejala nyeri ulu hati ini, segeralah bergabung dengan Forum Tanya Jawab SehatQ.com. SehatQ.com merupakan aplikasi kesehatan terkini yang dilengkapi dengan fitur-fitur terbaik. Seperti tanya jawab dengan dokter secara online, juga fitur kesehatan lainnya. Tak perlu beranjak dari rumah, kini dengan SehatQ.com, Anda bisa memantau kesehatan diri sendiri dan keluarga secara online!