INFO BELANJA SOLO : Pelanggan Grosir Bunga Mas Dibayar …

Solopos.com, SOLO – Toko aksesori di Solo punya cara khas guna menarik perhatian pelanggan. Ada yang menawarkan potongan harga hingga bonus berlimpah. Bahkan salah satu outlet berani membayar mulai dari Rp50.000 bagi pemegang kartu pelanggan dalam promonya. Seperti apa?

Toko aksesori Stroberi punya strategi unik guna menarik perhatian pelanggan. Outlet fashion di Solo Grand Mall ini memberi gelontoran diskon bagi pemegang kartu member.

Stroberi memberikan diskon 10% untuk setiap pembelian minimal Rp10.000 bagi pemegang kartu pelanggan. Bahkan, persentasenya bertambah hingga 20% untuk pelanggan yang sedang berulang tahun.

“Cukup mengumpulkan nota belanja Stroberi minimal Rp150.000, kemudian menambah Rp10.000 untuk biaya administrasi,” kata Dewi, 24, karyawan Stroberi kepada Solopos.com, Selasa (12/8/2014).

Cara ini barang kali sudah lazim digunakan. Cara serupa juga digunakan toko imitasi Bungan Mas dan toko pernik-pernik Queen. Keduanya memberi potongan harga bagi pemegang kartu pelanggan.

Tetapi cara Toko Bunga Mas barang kali terbilang unik. Toko yang terkenal dengan pernik-pernik imitasi ini bahkan membayar Rp50.000 bagi pelanggan yang memegang kartu pelanggan.

Toko Bunga Mas memberi bonus dengan sistem poin dalam balutan penawaran kartu pelanggan grosir. Untuk membuat kartu pelanggan itu, pembeli diharuskan berbelanja barang-barang yang dijual secara grosir dengan total minimal senilai Rp500.000.

Nantinya, pemegang kartu pelanggan akan memperoleh poin untuk setiap pembelian dengan nominal tertentu. Setiap satu poin dihargai Rp1.000. Jika terkumpul 50 poin, pelanggan dapat menukarkannya dengan uang.

Jadi, apabila sudah mencapai 50 poin, maka sang pemilik kartu member akan mendapatkan uang tunia senilai Rp50.000. Demikian seterusnya dan penukaran hanya boleh dilakukan minimal 50 poin atau kelipatannya.

Selain member grosir, Bunga Mas juga mengeluarkan kartu pelanggan eceran. Ditemui Solopos.com, Rabu (13/8/2014), Manajer Toko Bunga Mas, Yudi, 33, mengungkapkan ketentuan pembuatan kartu pelanggan eceran. Katanya pelanggan yang membeli pernak-pernik eceran dengan total belanja Rp100.000 bisa membuat kartu pelanggan.

“Kartu ini juga berlaku untuk Toko Poetri Bunga yang khusus menjual dompet dan tas serta Toko Nona Bunga yang khusus menjual aneka kado,” kata Yudi saat ditemui di Jl. Yos Sudarso No. 27.

Meski dapat digunakan di grup Toko Bunga Mas, tidak setiap toko memberlakukan ketentuan serupa. “Potongan harga sebesar 10% untuk setiap belanja di Toko Bunga Mas dan Poetri Bunga. Khusus Toko Nona Bunga diberi potongan harga sebesar 5%,” lata Yudi.

Serupa tapi tak sama, toko aksesoris Queen juga memberi penawaran  bagi pemegang kartu pelanggan. “Di sini [Toko Queen] memberikan kartu member apabila ada pembeli yang belanja eceran minimal belanja Rp150.000 dan Rp300.000 untuk pembelian secara grosir,” kata Supervisor Toko Queen, Lilis, 28, saat ditemui Solopos.com, Selasa (12/8/2014).

Kartu member tersebut dimiliki dengan menambah biaya administrasi senilai Rp5.000. Pemegang kartu member akan mendapatkan potongan harga sebesar 10%. Tak hanya itu, bagi pelajar dan mahasiswa cukup menunjukkan kartu tanda mahasiswa (KTM) atau kartu pelajar juga akan mendapatkan potongan harga sebesar 10%. (A. Nindya Paramita/JIBI/ Solopos.com)

Paul Taka

Paul Taka