Cara Aman Belanja Online saat Pandemi | merdeka.com

Merdeka.com – Selama pandemi, bisa dibilang banyak tren baru yang bermunculan dan terus meningkat. Mulai dari bercocok tanam, bersepeda, nggak ketinggalan juga berbelanja online. Meskipun Pemerintah Indonesia sudah melonggarkan tempat umum seperti pusat perbelanjaan, belanja daring menjadi pilihan agar konsumen tetap berbelanja tapi nggak terpapar Covid 19.

Menukil data Bain & Company dan Facebook, kawasan Asia Tenggara mengalami peningkatan pembelian online selama pandemi Covid-19, dan ini akan terus mengalami peningkatan setelah pandemi.

Belanja yang dibutuhkan

Sama seperti kita belanja offline, belanjalah sesuai kebutuhan. Pikir dan pertimbangkan barang-barang apa aja yang lagi kamu butuhkan. Laptop atau tablet buat WFH di rumah? Atau bluetooth speaker buat yoga? Keputusan ada di tangan kamu.

Kalau ngikutin kebutuhan kamu yang gampang laper mata biar kalap, tuh. Padahal anggaran belum tentu memadai. Jangan terlalu sering membuka situs belanja daring biar nggak tergoda beli barang-barang nggak penting.

Teliti dalam membaca produk

Percaya nggak percaya hal ini masih sering terjadi di Indonesia, lho. Pastikan kamu menjadi konsumen yang cermat membaca spesifikasi produk. Untuk menghindari sesal dan gelisah saat barang yang sampai ke rumah nggak sesuai ekspektasi, baca baik-baik deskripsi kualitas, kuantitas, bahan, warna, ukuran dan hal lainnya.

Sebagai pembeli kamu harus punya product knowledge yang cukup. Ingat juga prinsip ada harga ada rupa.

Cari penjual menawarkan garansi resmi

Saat ingin membeli, pastikan kamu membelinya di toko yang menawarkan garansi resmi karena akan mempengaruhi layanan purna jual jika terjadi kendala atau masalah. Seperti toko online www.eraspace.com. Eraspace memberi jaminan garansi resmi dan pengalaman extraordinary dalam belanja online.

Simpan baik-baik informasi pribadi

Apalagi buat kamu yang mengandalkan banget Kartu Kredit. Jangan simpan informasi kartu kredit di website belanja. Supaya kamu terhindar dari penyalahgunaan informasi kartu kredit oleh orang lain, misalnya untuk berbelanja tanpa sepengetahuan kita.

Kalau muncul pertanyaan apakah ingin informasi kartu kredit “diingat” atau disimpan secara otomatis untuk memudahkan pembelian di kemudian hari, pastikan untuk mengklik “tidak”. Supaya lebih aman lagi, jangan lupa log out saat belanja via website. [hrs]

Paul Taka

Paul Taka