10 Tempat Jual Beli Buku Bekas, Dari Offline Sampai Online …

Tempat Jual Beli Buku Bekas, Edisi Langka Jadi Primadona – Memiliki buku mahal dan edisi langka? Atau mungkin kamu salah satu pemilik buku yang sayang merusak buku. Karena buku bukan sesuatu yang dihancurkan dengan cara menggunakan bungkus tempe. Buat kamu nih para pecinta buku agar tetap bermanfaat, tidak ada salahnya menjual buku berharga kamu ke tempat jual beli buku bekas.

Atau buat kamu nih yang suka memburu buku bekas dan impor, juga bisa mencari di tempat seperti ini. Biasannya di sana ada buku impor yang mungkin sesuai yang kamu inginkan. Kamu bisa mendapatkan buku berkualitas dengan harga yang terjangkau, jika sebelumnya harga di toko buku online tinggi, mungkin di tempat jual beli buku bekas ini harganya setengahnya lebih murah.

Bukankah sangat menguntungkan? Tapi dalam jual beli buku bekas kita harus memperhatikan beberapa hal seperti keaslian buku, kondisi buku, dan harganya. Tentu kita tidak inginkan dapat buku dengan kondisi buku yang rusak, walaupun sejatinya kita beli isinya bukan bukunya.

Tempat Jual Beli Buku Bekas

Ternyata, hampir semua kota ada tempat menjual buku bekas. Nah, tidak pernah kepikiran bukan sebelumnya? Namanya apa saja sih? Langsung saja kita simak tempat lokasi tersebut. Cekidot.

1. Shopping Center

Shoping center jogja
Sumber : shoppingcenterjogja.blogspot.com

Tempat jual buku bekas langka sampai import pertama kita ulas dulu di kota pelajar. Di Yogyakarta terdapat tempat toko buku yang tidak hanya menjual buku baru, tetapi bekas dan impor tentunya. Namannya adalah shopping center. Lokasinya berada di pusat kota, samping Taman Pintar. Persisnya berlokasi di Jl. Sriwedani. Sudah pasti di sana menawarkan harga yang lebih miring. Macam buku yang dijual pun bervariasi. Mulai dari buku kuliah, umum, dan lain sebagainya.

Di Shopping cenger kamu juga bisa menemukan banyak sekali stand toko buku loh di sana. Kamu bisa pilih deh toko favorit kamu. Toko buku yang masi satu komp. Taman Pintar ini buka mulai pukul 09.00 WIB sampai 21.00 WIB. Dari Segi Harga sangat murah, mulai dari harga 5.000,- loh.

2. Kios Buku Terban – Tempat jual Beli Buku Bekas

toko buku terban
Sumber : bonvoyagejogja.com

Selain di Shopping, di Yogyakarta juga ada tempat menjual buku bekas yang lain loh. Nah, hayo di sini yang ngaku orang Jogja siapa? Pasti kamu sudah tahu. Yap, kos buku Terban!. Tempat kios buku Terban lokasinya juga masih di tengah kota bagian Timur.

Lokasinya dekat dengan UGM. jangan di kira, ternyata pembeli yang datang di sini tidak hanya dalam lokal saja, tetapi juga dari berbagai lokasi, misalnya Solo, Klaten dan Semarang merelakan jau-jauh datang sampai sini. Persis lokasinya ada di Jl. Kahar Muzakir, Terban, Gondokusuman. Kamu bisa datang ke sana mulai dari 08.00 sampai 21.00 WIB.

3. Basement Blok M

Nah buat kamu nih yang berasal dari Jakarta. Maka kamu bisa datang ke basement Blok M Square. Di sana juga ada tempat menjual buku bekas. Beda dengan dua toko di Shopping dan Di Terban, yang konsepnya pasar buku rakyat. Jadi tidak ada AC atau semacamnya.

Nah, sedangkan untuk Basement Blok M Squre ini ada AC yang membuat pikiran tambah adem aja dan juga ada wifinya juga loh. Soal harga, memang harga yang ditawarkan standar, hanya saja kamu bisa menawar, asal jangan nawar secara kebangeten. Nah, buat kamu nih yang ingin belanja buku di sana, kamu bisa datang dari jam 10.00 WIB sampai 21.00 WIB.

4. Pasar Buku Palasari – Tempat Menjual Buku Bekas

Tempat menjual buku bekas Palasari berlokasi di daerah Bandung. Lokasinya strategi, jika dari titik nol kota Bandung, kamu hanya memakan waktu sekitar 10 menit saja. Persisnya berada di Pasar Lodaya, Jalan Palasari, Turangga, Lengkok, Bandung, Jawa Barat. Nah, buat kamu nih yang ingin datang ke sana berlibur sambil berburu, kamu bisa mengunjungi tempat menjual buku bekas ini mulai dari pukul 09.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Di buku Palasari kamu juga akan temukan buku impor dan lokal loh. Cocok buat kamu nih yang suka buku-buku langka. Tidak hanya itu, di sana juga menyediakan buku lokal hingga buku kekinian. Di toko buku satu ini tidak jauh berbeda dengan dengan toko buku di Shopping, karena di sana akan mudah kamu dapatkan buku-buku yang sulit di cari. Meskipun menjual buku bekas, jangan salah. Karena hampir semua buku bekas yang terjual di sana berkualitas dan.

5. Kios Buku Stadion Diponegoro

Ada yang di sini berasal dari Semarang? Jika ada, kamu tidak perlu jauh-jauh datang ke Jogja atau ke Jakarta-Bandung hanya cari buku. Kamu bisa coba datangi kios buku stadion diponegoro. Konon katannya, tempat ini juga tempat terfavorit bagi mahasiswa untuk mencari buku-buku kulihan loh. Alasannya jelas, karena harga yanag ditawarkan lebih murah.

Tempat menjual buku bekas di Buku stadion Diponegoro meski ada yang bekas. isi buku tetap ciamik bener. Nah, buat kamu warga Semarang yang belum tahu lokasi persinya di mana, kamu bisa buka google map di Jalan Stadion Timur, Karang Kidul, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai dari 08.00 WIB sampai 20.00 WIB.

6. Toko Buku Sriwedari – Tempat Menjual Buku Bekas

Toko Buku Sriwedari mungkin saja kamu sudah akrab di telinga bukan? Terutama untuk masyarakat Solo, pasti sudah tidak asing dengan tempat ini. Bisa dibilang, di Solo tempat tempat menjual buku bekas Andalan ya di sinilah lokasinya. Maysarakat sekitar lebih familiar menyebut toko buku Sriwedari dengna sebutan Busri, yang berarti kepanjangan dari Buri Sriwedari. Karena lokasinya persis berada di belakang Taman Sriwedari, Solo.

Harga yang ditawarkan juga miring di dompet loh. Ada yang dibandrol dari harga Rp 5.000 sampai Rp 60.000. Nah, buat kamu yang warga Solo, kamu bisa membeli koleksi buku di sana mulai dari pukul 08.00 WIB sampai 19.00 WIB saja loh.

7. Toko Buku Depan Masjid Agung

Jika dari tadi yang diulas adalah tempat jual beli buku bekas yang ada di pulau jawa. Kali ini saya akan kenalkan toko buku di kawasan Palembang. Di Palembang ada toko buku Depan Masjid Agung namannya. Jadi tempat ini bisa dibilang jual buku yang menjual dengan harga murah meriah juga lo. Lokasinya tepat di Jalan May. Tjik Agus Kiemas. Sh. Palembang. Hanya saja Jam buka seperti jam kerja kantoran, yaitu dari pukul 08.00 sampai 17.00.

Jadi buat kamu yang bukan orang Jawa, sebenarnya setiap daerah pasti ada tempat jual beli buku bekas dan baru dengan harga miring kok. Hanya saja kita harus pintar-pintar mencari toko yang menjual dengan harga yang memiring dan bersahabat seperti itu.

8. Marketplace & SOSMED – tempat jual beli buku bekas

tempat jual beli buku bekas

Jika dari beberapa tempat jual beli buku bekas di atas lebih fokus pada toko bentuk fisik. Maka ada juga tempat menjual buku bekas secara daring loh. Salah satu tempatnya adalah di marketplace dan sosial media. Seperti yang kamu tahu, di marketplace siapa saja bisa menjual produk mereka. Termasuk produk buku. Baik itu buku bekas maupun baru. Ada juga yang menjual buku langka dan impor bekas yang tentunya banyak di buru.

Setidaknya buat kamu nih yang juga memiliki buku bekas, langkah atau import yang masih bagus. Kemudian kamu merasa sudah tidak pernah dibaca dan ingin dibaca. Kamu bisa kok menjualnya secara manual dan sendiri di marketplace tersebut. Jangan rendah hati buku kamu tidak ada yang mencari. Karena beberapa bulan lalu saya sempat mewawancarai komunitas buku lawasan, animo dan permintaan masyarakat terhadap buku-buku lawas dan impor masih cukup tinggi.

Jadi jangan heran jika saat kamu menawarkan buku langka di marketplace, dalam hitungan hari buku terjual. Tidak jarang banyak yang dibandrol selangit pun, buku tersebut juga akan tetap di beli. Mungkin yang belum terbiasa akan terheran-heran. Tapi begitulah peminat buku bekas dan langka sebenarnya masih sangat besar. Hanya saja, untuk mendapatkan buku lawasan dan langka itulah yang sulit didapatkan.

Baca juga : 6 Tips Jualan di Marketplace

9. OLX

olx tempat jual beli buku bekas

OLX menjadi website iklan baris terbesar di Indonesia, bahkan sampai saat ini belum ada yang mampu menyaingi website jual beli barang bekas ini. Jika kamu memiliki buku edisi langka, ori dan harga yang mahal kamu bisa menjualnya melalui OLX. Siapa tahu ada yang minat, ya kan?

Di OLX untuk menjual buku bekas tidak membutuhkan syarat-syarat khusus, yang terpenting kamu memiliki akun terdaftar di OLX, foto produk dan nomor yang aktif agar kamu bisa dihubungi ketika ada orang yang tertarik dengan buku bekasmu.

10. Tukang Rongsok – tempat menjual buku bekas

Dari nomor 1 sampai 9 adalah tempat menjual buku-buku yang masih bernilai. Lalu jika buku yang dimiliki adalah buku bekas yang tidak berguna, seperti buku sekolah, buku tulis, majalah. Itu harus dikemanakan?

Nahh daripada memenuhi rumah dengan barang-barang yang tidak berguna seperti itu, lebih baik dirongsokan. Pasti di dekat-dekat kita ada tukang pengepul yang mau membeli buku-buku bekas tersebut, walaupun harganya mungkin tidak seberapa. Paling 2000 rupiah per kilogramnya.

Tapi itu tidak masalah bukan, daripada memenuhi isi rumah. Atau jika disekitar rumahmu ada usaha daur ulang kertas, kamu bisa menjual ke mereka. Kertas-kertas bekas tersebut akan didaur ulang menjadi produk-produk seperti kardus, karton dan lain sebagainya.

Kesimpulan :

Kurang lebih itu ada 10 tempat jual beli buku bekas dari yang offline sampai ke online, kamu bisa memilih tempat-tempat strategis. Jika daerahmu ada pusat jual beli buku bekas kamu bisa ikut nimbrung atau menitipkannya ke penjualnya, tapi yang paling mudah memang menjual secara online.

Menjual buku secara online banyak pilihan caranya, bisa melalui OLX, marketplace, sosial media, group telegram sampai melalui website pribadi.

Baca juga : 12 Langkah Membangung Bisnis Buku Online

Kontributor : Irukawa Elisa

Paul Taka

Paul Taka