Makanan Tahan Lama

Makanan Tahan Lama

Salah satu kebutuhan pokok manusia adalah makanan. Makanan adalah sumber energi utama yang sangat diperlukan bagi tubuh. Tanpa energi yang didapat dari makanan, manusia tidak akan bisa menjalankan aktivitas sehari-hari.

Anda pasti sudah mengetahui bahwa ada berbagai jenis makan di dunia ini. Makanan ada yang bisa bertahan lama ada juga yang hanya bisa bertahan dalam waktu yang singkat sehingga harus segera dihabiskan atau dimakan.

Di zaman sekarang, makanan tahan lama lebih banyak dicari dan dibutuhkan. Hal ini dikarenakan banyaknya aktivitas yang harus dilakukan sehingga manusia tidak bisa sering-sering meluangkan waktu hanya untuk sekedar belanja bahan makanan. Jika anda adalah salah satu orang yang sibuk dengan pekerjaan, anda pasti merasakannya bukan ?

Artikel kali ini akan membahas tentang makanan tahan lama. Jika anda bingung untuk menentukan makanan-makanan apa saja yang tahan lama sehingga bisa anda

simpan, anda wajib membaca artikel tentang makanan tahan lama ini. Berikut merupakan beberapa makanan tahan lama yang perlu anda ketahui.

  1. Kacang-kacangan

Kacang termasuk ke dalam jenis makanan yang tahan lama. Kacang dapat bertahan selama dua tahun jika disimpan dan dibalut menggunakan plastik dengan baik.

Kacang bisa bertahan lama karena memiliki lapisan luar atau kulit yang bisa melindungi bagian dalam kacang dari jamur dan bakteri yang bisa menyebabkan pembusukan lebih cepat. Kacang-kacangan seperti almond memiliki kandungan lemak yang tidak terlalu tinggi, namun kaya kandungan nutrisi seperti vitamin E, yang tinggi.

2.  Sayuran beku

Tentu Anda sudah sering menemukan sayuran beku di supermarket terdekat. Tidak berbeda dengan sayuran segar, sayuran beku juga memiliki manfaat yang sama

untuk kesehatan, seperti sayuran segar. Sebenarnya sayuran beku yang dibeli di supermarket lebih sehat dan terjaga kehigienisannya dengan dibandingkan sayuran yang dibeli di pasar.

Sayuran beku merupakan solusi yang tepat jika Anda tidak memiliki waktu banyak untuk membeli sayuran segar di pasar karena sayuran beku bisa disimpan hingga 18 bulan jika disimpan di dalam freezer.

3. Ikan kalengan

Ikan kalengan yang banyak dijual seperti ikan tuna, sarden, salmon, dan berbagai jenis ikan kalengan lainnya dapat tahan hingga tiga tahun lamanya, selama disimpan di tempat yang dingin dan kering.

Ikan kalengan memang termasuk ke dalam makanan yang bisa bertahan lama, tetapi hal itu hanya berlaku jika kemasan ikan kalengan masih dalam keadaan tertutup.

4. Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu jenis makanan sehat yang bisa dikonsumsi saat sarapan atau bersama dengan makanan lain seperti roti dan kue. Oleh sebab itu, tidak

ada salahnya untuk membelinya dalam jumlah banyak. Walaupun anda membeli oatmeal dalam jumlah banyak, anda tidak perlu khawatir karena oatmeal instan yang anda beli dari supermarket bisa bertahan hingga dua tahun lebih jika disimpan dengan baik.

 5. Selai kacang

Makanan tahan lama yang lainnya adalah selai kacang. Selai kacang bisa bertahan lama jika anda belum membuka kemasan dan menyimpannya pada lemari pendingin. Jika kemasannya sudah dibuka, selai kacang bisa bertahan selama tiga bulan.

Itulah beberapa makanan tahan lama yang bisa anda jadikan referensi untuk mengatasi masalah kesibukan anda. Sekian artikel mengenai makan tahan lama. Semoga informasi yang ada di dalam artikel makanan tahan lama ini bisa bermanfaat bagi anda.

AKDSEO